Search This Blog

Cara Melakukan Latihan Kekuatan, Contoh Latihan Kekuatan Otot Menggunakan Alat Sederhana, dan Manfaat Latihan Kekuatan Otot Menggunakan Alat Sederhana

Salam cerdas…..
Latihan kekuatan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan beban. Beberapa ahli olahraga merekomendasikan bahwa usia 14 tahun ke atas sudah dapat melakukan latihan beban, tentunya dengan sistematis, terprogram, dan harus didampingi oleh instruktur ahli. Oleh karena latihan menggunakan barbel atau mesin latihan beban yang dilakukan di fitness center memerlukan biaya yang relatif mahal, beberapa masyarakat sering melakukan latihan kekuatan dengan menggunakan beban yang terbuat dari semen. Pada dasarnya cara tersebut cukup baik, hanya beban tersebut bersifat permanen, artinya bebannya tidak bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.
Untuk latihan ini dapat digunakan barbel atau beban berisi. Berat beban dapat disesuaikan dengan kemampuan atau kekuatan otot yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa latihan kekuatan otot dengan menggunakan alat sederhana :

1.   Mengangkat Beban dengan Dua Lengan
Pada saat beban diangkat ke atas, terjadi kontraksi konsentrik pada otot lengan. Otot menjadi memendek karena di dalam otot ada tegangan. Tegangan inilah yang menyebabkan otot menjadi kuat.

2.   Mengangkat Beban dengan Satu Lengan
Ketika beban diturunkan, terjadilah kontraksi eksentrik. Kontraksi eksentrik terjadi jika otot memanjang dan berada dalam tegangan. Pada saat beban diturunkan, otot bisep mengalami kontraksi, yaitu menjadi lebih panjang karena menahan beban.

Selain itu, latihan kekuatan dapat dilakukan dengan hanya mengangkat tubuh sendiri, di antaranya latihan pull up, push up, sit up, back up, squat jump, dan squat thurs. Agar dapat meningkatkan kekuatan, gerakan tersebut harus dilakukan secara cepat dan pengulangannya pun harus banyak.

Demikian artikel tentang Cara Melakukan Latihan Kekuatan, Contoh Latihan Kekuatan Otot Menggunakan Alat Sederhana, dan Manfaat Latihan Kekuatan Otot Menggunakan Alat Sederhana, semoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Melakukan Latihan Kekuatan, Contoh Latihan Kekuatan Otot Menggunakan Alat Sederhana, dan Manfaat Latihan Kekuatan Otot Menggunakan Alat Sederhana"

Post a Comment