Search This Blog

Sepak Bola, Materi Penjas Kelas 11 SMA

Salam cerdas…..

A.  Teknik Dasar Sepak Bola

Sepak bola merupakan permainan tim. Dalam permainan ini, dua tim saling bertanding untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Tim yang paling banyak memasukkan bola akan menjadi pemenangnya. Untuk memainkan sepak bola, pengetahuan mengenai peraturan dasar dan strategi bermain sepak bola harus Anda kuasai dengan baik. Selain itu, latihan yang intensif sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan bermain sepak bola Anda.

Sebagai suatu olahraga permainan, dalam sepak bola terdapat peraturan-peraturan yang harus Anda patuhi. Peraturan tersebut mencakup teknik dasar dan aturan permainan secara umum.

1. Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam terjadi apabila saat permainan sepak bola sedang berlangsung, bola keluar meninggalkan lapangan permainan dari daerah sisi lapangan. Jika lemparan ini telah dilakukan, permainan dapat dilanjutkan kembali.
Lemparan ke dalam dilakukan oleh tim yang tidak menyentuh bola terakhir saat bola keluar lapangan. Ketentuan lemparan ke dalam yaitu:

a.   bola dilempar oleh kedua tangan dan harus melewati atas kepala; serta
b.   kedua kaki harus tetap menempel atau menjinjit di tanah saat melempar bola.

Lemparan ke dalam bisa menjadi serangan yang berbahaya jika dilakukan dengan perhitungan yang matang, terutama jika terjadi di daerah pertahanan lawan. Saat melakukan lemparan ke dalam, ada tiga pilihan posisi kaki, yaitu kedua kaki sejajar rapat, salah satu kaki di belakang atau di depan, dan kedua kaki dibuka lebar.
2. Tendangan Bebas

Tendangan bebas ialah tendangan yang dilakukan secara bebas oleh pemain tanpa gangguan pemain lawan. Tendangan ini diberikan jika terjadi pelanggaran. Tim yang dilanggar berhak melakukan tendangan bebas. Tendangan bebas dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung bergantung pada keperluan dan situasi yang dihadapi. Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang langsung diarahkan ke gawang sehingga bisa langsung menghasilkan gol. Adapun tendangan bebas tidak langsung terlebih dahulu dioper ke pemain lain sebelum diarahkan ke gawang lawan.

3. Tendangan Penalti

Tendangan penalti merupakan salah satu hukuman terberat dalam sepak bola, selain hukuman kartu merah. Tendangan penalti dilakukan jika salah satu tim melakukan pelanggaran di dalam daerah penalti lawan. Selain itu, apabila pertandingan sepak bola dilakukan dengan sistem gugur, sementara skornya tetap imbang hingga berakhirnya perpanjangan waktu, juga dilakukan tendangan penalti untuk menentukan pemenangnya.

Ketentuan pelaksanaan tendangan penalti adalah sebagai berikut:
a.   Tendangan dilakukan di titik tendangan penalti.
b.   Tendangan dilakukan ke depan.
c.  Posisi kedua kaki penjaga gawang harus tetap berada di atas garis gawang dan tidak boleh memindahkan kakinya sampai bola ditendang.
d.  Para pemain selain pelaksana tendangan penalti dan penjaga gawang harus berdiri paling sedikit berjarak 9,15 meter dari letak bola, namun tetap berada di lapangan permainan.
e.   Pemberian isyarat untuk mengambil tendangan hukuman dilakukan oleh wasit.

4. Pelanggaran-Pelanggaran dalam Sepak Bola

Untuk menjaga semangat sportivitas, disusunlah berbagai peraturan yang diharapkan membuat para pemain merasa nyaman dalam permainan.

a. Pelanggaran Pemain

Dalam sepak bola, terdapat sembilan peraturan yang apabila dilanggar akan mengakibatkan tendangan bebas langsung bagi regu lawan. Pelanggaran tersebut di antaranya sebagai berikut:
1)   Menerjang lawan secara kasar.
2)   Menerjang lawan dari belakang, kecuali jika lawan itu menghalang-halanginya.
3)   Memukul atau mencoba memukul lawan.
4)   Melompati pada lawan.
5)   Menendang atau mencoba menendang lawan.
6)  Menjatuhkan lawan, yaitu menjatuhkannya dengan kaki atau dengan melakukan sliding dari depan atau dari belakang lawan itu.
7)   Memegang lawan dengan bagian lain dari tangan.
8)   Mendorong lawan dengan tangan atau bagian dari lengan.
9)  Memainkan bola dengan tangan atau lengan seperti membawa, memukul, dan mendorong bola. Pelanggaran terhadap ini mengakibatkan hukuman satu tendangan penalti, tetapi hal ini tidak berlaku bagi penjaga gawang, selama ia berada dalam daerah gawang.

Adapun jika melakukan pelanggaran seperti berikut, maka ia memberikan kesempatan pada lawan untuk melakukan tendangan bebas tidak langsung di tempat pelanggaran terjadi. Jenis pelanggaran yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1)   Memainkan permainan yang membahayakan, misalnya menendang bola yang sedang dipegang oleh penjaga gawang.
2)   Menerjang dengan cara yang tidak jujur.
3)   Sengaja menghalangi lawan saat tidak memainkan bola, misalnya berdiri di antara bola dan lawan.
4)   Menerjang penjaga gawang, kecuali jika penjaga gawang itu:
a)   keluar dari daerah gawangnya;
b)   menghalang-halangi seorang lawan; atau
c)   hendak memegang bola.
5)  Jika penjaga gawang membawa bola berjalan lebih dari empat langkah sambil memegang bola dengan tidak memantulkan bola ke tanah.

b. Pelanggaran Regu Penyerang

Berikut ini jenis-jenis pelanggaran yang dilakukan oleh regu penyerang.

1) Melakukan perbuatan, bersikap, atau mengucapkan perkataan yang tidak sopan saat dilakukan tendangan hukuman.
2)  Pemain penyerang bukan pengambil tendangan masuk ke daerah tendangan hukuman (kurang dari 9,15 meter dari bola) sebelum bola ditendang.
3)   Pengambil tendangan hukuman melakukan gerakan yang membingungkan penjaga gawang.
4)   Bola tidak ditendang ke depan.

c. Pelanggaran dari Regu Bertahan

Pelanggaran yang dilakukan oleh pihak penahan antara lain sebagai berikut:
1) Melakukan perbuatan, bersikap, atau mengucapkan perkataan yang tidak sopan saat dilakukan tendangan hukuman.
2)  Penahan memasuki daerah tendangan hukuman (kurang dari 9,15 meter dari bola) sebelum bola ditendang.
3)   Penjaga gawang menggerakkan kedua kakinya sebelum bola ditendang (saat tendangan hukuman).

d. Konsekuensi Pelanggaran yang Terjadi Saat Tendangan Hukuman Dilaksanakan

Jika terjadi pelanggaran pada saat tendangan hukuman dilakukan, konsekuensinya adalah sebagai berikut:

1)   Pelanggaran oleh pihak penyerang
·       Jika bola masuk ke gawang maka tendangan diulangi.
·    Jika bola keluar, lewat, atau sampai di atas gawang maka regu penahan melakukan tendangan gawang.
·    Jika bola mengenai gawang atau dipukul keluar oleh penjaga gawang, maka wasit menghentikan permainan dan regu bertahan melakukan tendangan bebas tidak langsung.

2)   Pelanggaran oleh pihak penahan
·       Jika bola masuk dalam gawang, maka gol dianggap sah.
·       Jika bola keluar lewat atau sampai di atas gawang, maka tendangan diulangi.
·     Jika bola mengenai gawang atau dipukul keluar oleh penjaga gawang, maka tendangan hukuman diulangi.

Jika pelanggaran dilakukan oleh kedua regu maka tendangan hukuman diulang. Jika tendangan hukuman diulang maka baik penjaga gawang maupun penendang hukuman boleh diganti dengan pemain lain.

Adapun pelanggaran yang berhubungan dengan permainan secara umum adalah:
1)   melintas keluar dari daerah gawang;
2)   mengulur waktu permainan;
3)   masuk ke dalam atau ke luar lapangan permainan tanpa seizin wasit; dan
4)   menunjukkan ketidaksetujuan terhadap suatu putusan wasit.

B.  Strategi Permainan Sepak Bola

Kemenangan dalam sepak bola tidak hanya ditentukan oleh kualitas pemain saja, tetapi juga melibatkan kualitas strategi yang digunakan oleh pelatih. Strategi bisa saja berubah bergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi. Namun, pada umumnya strategi suatu regu bersifat lebih kaku atau hampir tetap.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan suatu strategi, yaitu:
a.   kemampuan fisik dan keadaan mental setiap regu maupun lawan;
b.   keadaan lingkungan, alat, perlengkapan, lapangan, dan situasi sosial yang dihadapi; serta
c.   peraturan-peraturan pertandingan yang berlaku.

Secara garis besar, strategi dalam permainan sepak bola dibedakan menjadi dua macam, yaitu strategi penyerangan dan strategi pertahanan.

1. Strategi Penyerangan

Strategi penyerangan ialah strategi yang dilakukan oleh perseorangan atau kelompok untuk memenangkan pertandingan secara sportif dengan cara melakukan serangan. Pemain yang menguasai bola, sebelum bola tersebut dioperkan kepada temannya akan berusaha melakukan gerakan dengan bola, misalnya sentuhan satu dua (wall pass). Gerakan ini adalah gerakan yang sangat sederhana dari dua orang pemain. Pemain A mengoper bola pada pemain B, kemudian menempati posisi baru. Pemain B langsung mengoper bola kepada A yang berada pada posisi baru tanpa menahan bola.

2. Strategi Pertahanan

Strategi pertahanan ialah strategi yang dilakukan perseorangan maupun kelompok dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan. Pertahanan sering dilakukan oleh pemain belakang atau barisan pertahanan. Caranya bisa bermacam-macam, namun harus bisa dipahami oleh seluruh pemain agar terkoordinir dan terpola. Pertahanan ini bukan tindakan seorang pemain saja, tetapi merupakan kegiatan kelompok yang membutuhkan kerja sama dan pemahaman yang baik satu sama lain. Cara yang biasa dilakukan adalah penjagaan daerah, penjagaan satu lawan satu, dan penjagaan gabungan.

a. Penjagaan daerah (zone defence)

Dengan pertahanan semacam ini, pemain bertahan menjaga daerah pertahanan yang telah ditentukan oleh pelatih. Jika ada pemain lawan yang memasuki daerah tersebut, pemain itu bertugas untuk menghalaunya. Jika ia telah keluar dari daerahnya, maka pemain lain yang akan berhadapan dengan pemain lawan tersebut.

b. Penjagaan satu lawan satu (man to man marking)

Prinsip dasar pertahanan ini adalah menjaga satu pemain lawan oleh satu pemain. Dengan demikian, setiap pemain bertanggung jawab untuk menjaga seorang pemain lawan. Namun, dalam praktiknya, penjagaan yang dilakukan lebih fleksibel. Seorang pemain lawan dapat ditinggalkan penjagaannya jika tidak perlu dijaga sehingga pemain bertahan bisa lebih leluasa berada di dalam lapangan permainan.

c. Penjagaan gabungan (kombinasi)

Pertahanan ini merupakan perpaduan antara penjagaan daerah dan penjagaan satu lawan satu. Dalam pertahanan ini, Anda tidak perlu mengikuti lawan terus-menerus, tetapi bisa dialihkan ke pemain lain.


C.  Formasi Pemain Sepak Bola

Sepak bola adalah permainan yang tidak hanya mengandalkan kualitas pemain dan teknik bertahan atau menyerang saja, tetapi juga formasi pemain.

Formasi adalah cara penempatan posisi dan pembagian tugas setiap pemain sesuai dengan keahliannya. Formasi ini menyangkut formasi bertahan atau menyerang. Formasi ditentukan oleh pelatih regu sebelum permainan dimulai. Setiap pemain diharapkan mengetahui tugas masing-masing sesuai posisinya dalam formasi tersebut.

Pemilihan susunan pemain dan strategi yang tepat akan memberikan kemenangan pada regu. Susunan pemain bukanlah hal yang mutlak. Posisinya dapat berubah sesuai dengan kondisi dan strategi yang dilakukan. Formasi regu sepak bola ditentukan oleh cara yang akan ditempuh suatu regu untuk memenangkan pertandingan.

Suatu regu bisa menggunakan pola bertahan atau pola menyerang. Pelatih dapat menurunkan siapa pun pemain yang dimilikinya dengan memerhatikan kondisi fisik dan kesiapan mental pemainnya. Jika ia telah menentukan pemainnya, maka ada beberapa pola pertahanan yang dapat dipilih, yaitu formasi 4–3–3, formasi 4–4–2, formasi 5– 4–1, dan formasi 5–3–2. Adapun jika memilih pola penyerangan, maka pilihan formasinya antara lain formasi 3–4–3, formasi 3–3–4, formasi 3–5–2, dan formasi 3–3–3–1.

D.  Taktik Pola Penyerangan Sederhana

Sepak bola merupakan permainan yang penuh dengan serangan. Taktik yang digunakan pun beragam. Pola penyerangan adalah pola yang bertujuan menyerang lawan untuk mendapatkan kemenangan. Pola ini disebut juga dengan offensive football. Pola permainan ini tidak hanya dipilih secara acak, tetapi membutuhkan kejelian dan kehandalan yang baik dalam menentukannya. Seorang pelatih harus memerhatikan kondisi fisik dan kesiapan mental setiap pemainnya.

1. Latihan 1
Latihan ini dilakukan sebagai berikut:
1)   Pemain A berlari menuju bola yang dioper oleh pemain B dari bendera (x) yang dipasang beberapa meter dari kotak penalti.
2)   Pemain A mengontrol bola dan mencoba melewati lawan C dan kemudian menembak ke gawang yang dijaga oleh penjaga gawang.
3)  Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali oleh setiap pemain dan lakukan secara bergantian dengan pemain lainnya.

Catatan:
·       Pemain A kembali ke tempat asalnya dan melakukan hal yang sama setelah ia melakukan tembakan.
·       Tugas pemain penghalang C hanya menghalangi pergerakan pemain A, bukan merebut bola.

2. Latihan 2
Latihan ini merupakan latihan satu-dua yang berada di daerah penalti lawan. Caranya, yaitu sebagai berikut:
a.   Pemain penyerang A menggiring bola menuju gawang lawan.
b.   Pemain penyerang A dibayangi pemain bertahan lawan C.
c.   Pemain penyerang A mengoper pada pemain penyerang B.
d. Pemain penyerang lain B tanpa menahan bola langsung memberi operan di belakang pemain belakang lawan C yang merupakan tempat kosong yang dituju oleh penyerang A.
3. Latihan 3
Latihan ini merupakan latihan satu-dua yang berada di luar daerah penalti lawan. Caranya, yaitu sebagai berikut:
a.   Pemain gelandang A memberi bola pada pemain penyerang B.
b.   Pemain penyerang B menggiring bola dan dibayangi oleh pemain bertahan lawan C.
c.   Pemain penyerang B memberi operan kepada pemain A sambil berlari menuju ruang kosong.
d.   Pemain A langsung memberikan operan ke tempat yang dituju oleh pemain B.

4. Latihan 4
1)   Pemain A mengoperkan bola pada pemain B yang dibayangi oleh pemain lawan C.
2)   Pemain B mengoper bola pemain D yang berlari ke arah gawang lawan.
3)  Pemain D langsung mengoper bola kepada pemain A. Setelah mengoper bola, lalu melanjutkan larinya ke arah gawang lawan.
4)   Pemain A langsung menembak ke gawang lawan.

E.  Teknik Dasar dan Latihan Tendangan Sudut

Pada bagian berikut, Anda akan mempelajari teknik dasar tendangan sudut, sekaligus melakukan latihannya.

1. Penentu Tendangan Sudut

Tendangan sudut adalah tendangan yang dihasilkan dari kesalahan pemain akibat mengeluarkan bola dari lapangan permainan pada garis sejajar dengan gawang. Jika menguasai tendangan ini dengan baik, maka besar kemungkinan Anda dapat memenangkan pertandingan. Banyak gol yang tercipta akibat dari keberhasilan tendangan sudut.

Keberhasilan tendangan sudut bergantung pada hal-hal berikut:
1)   Keterampilan pemain penyerang dalam menyundul bola ke gawang lawan.
2)   Kemampuan pemain bertahan untuk menghalau bola.
3) Kemahiran penjaga gawang dalam memotong atau menangkap bola-bola tinggi di kotak penalti tersebut.

2. Latihan Tendangan Sudut

Agar suatu tendangan sudut dapat berhasil, latihan yang tekun dan serius serta kerja sama dari anggota regu sangat diperlukan. Berikut ini latihan yang dapat digunakan dalam melatih kerja sama tendangan sudut.

a. Latihan 1

Latihan ini dilakukan untuk menyerang sudut kiri lawan. Perhatikan urutannya.
1)   Pemain A melakukan tendangan penjuru kepada pemain B.
2)   Pemain B menggiring bola mendekati tepi kotak penalti.
3)   Pemain B mengoper bola ke kotak penalti untuk diselesaikan oleh pemain lain yaitu pemain C.

b. Latihan 2

Latihan dilakukan dari sudut kanan lawan sehingga dilakukan dengan kaki kiri. Perhatikan urutannya.
1)  Beberapa penyerang ditempatkan di dalam kotak penalti, sementara dua atau tiga penyerang lain berada di luar kotak penalti.
2)   Jika tendangan sudut telah dilakukan, penyerang yang berada di luar kotak penalti segera berusaha mengambil bola untuk dimasukkan ke gawang dengan ditendang atau disundul.

F.   Bentuk-Bentuk Latihan Sepak Bola

Untuk melatih kemampuan dan teknik bermain sepak bola, diperlukan serangkaian latihan. Berikut ini bentuk-bentuk latihan sepak bola yang dapat Anda lakukan.

1. Latihan Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam tidak dapat dilakukan begitu saja. Untuk mendapatkan lemparan yang baik dan sesuai dengan persyaratan lemparan, perlu latihan secara tekun dan terus-menerus. Berikut ini beberapa cara berlatih lemparan ke dalam.

a.   Latihan 1
Lakukan latihan ini bersama teman sebangku Anda. Buat posisi saling berhadapan dan bergantian melempar bola. Ketika salah seorang melempar bola, seorang lainnya menangkap bola tersebut. Perhatikan posisi kaki saat melakukan lemparan ke dalam.

b.   Latihan 2
Lakukan latihan ini dilakukan bersama dua teman Anda. Buatlah posisi membentuk segitiga. Masing-masing bergantian melempar dan menangkap bola secara berantai. Arahkan setiap lemparan dengan tepat agar orang lain bisa menangkapnya dengan mudah.
c.   Latihan 3
Latihan lemparan ke dalam juga bisa dilakukan dalam suatu latihan permainan. Seseorang yang melakukan lemparan ke dalam dapat mengarahkan bola ke tempat kosong yang dekat dengan beberapa penyerang sehingga bisa diterima oleh salah satunya. Lemparan juga bisa langsung diarahkan kepada penyerang yang dekat ke gawang sehingga penyerang tersebut bisa mencetak gol.

2. Latihan Tendangan Bebas

Latihan tendangan bebas dapat dilakukan di tengah lapangan atau di dekat kotak penalti lawan. Jika tendangan bebas dilakukan dekat dengan daerah penalti tetapi Anda sulit menembusnya, maka tendangan bisa dilakukan dengan memberikan operan pada pemain yang mempunyai posisi lebih baik untuk menembak ke gawang lawan.

Namun, jika Anda berada pada posisi memungkinkan untuk menembak langsung, Anda bisa menembakkan bola langsung ke gawang lawan. Saat itu biasanya pemain lawan berdiri berjajar menghadang jalannya bola menuju gawang. Namun demikian, dengan latihan-latihan khusus, bola bisa dilambungkan kemudian berbelok menukik ke arah gawang atau posisi yang diinginkan penendang. Tendangan seperti ini hanya dapat diperoleh melalui latihan-latihan yang tekun dan terus-menerus.

3. Latihan Wall pass

Latihan operan satu dua atau wall pass dilakukan sebagai berikut:
a.   Pemain penyerang A menggiring bola menuju ke daerah penalti lawan.
b.   Pemain belakang lawan B bergerak menghadang pemain A.
c.   Pemain A melakukan operan pada pemain penyerang lain C.
d. Pemain C langsung memberikan bolanya lagi pada pemain A yang bergerak ke samping lawan sesaat setelah memberikan bola pada pemain C.
e.   Pemain A tanpa menahan bola langsung dioper pada penyerang C.
f.    Pemain C bisa langsung membawa bola ke gawang atau menembakkan langsung.

Rangkuman

·      Sepak bola merupakan permainan bola besar yang dilakukan oleh dua tim.
·    Peraturan permainan sepak bola meliputi teknik bermain bola seperti lemparan ke dalam, tendangan bebas, dan tendangan penalti.
·  Strategi permainan sepak bola dibedakan menjadi dua, yaitu strategi pertahanan dan strategi penyerangan.

Postingan terkait:

15 Tanggapan untuk "Sepak Bola, Materi Penjas Kelas 11 SMA"

  1. ===> BONUS NEW MEMBER <===

    DONACOPOKER merupakan situs judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para player dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

    Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  2. BONUS 10% SETIAP HARI

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di perutusan judi online yg bertingkat International, benar dan terpercaya hanya di judi bola.

    Yang Merupakan Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    ReplyDelete
  3. S128Cash merupakan salah satu Situs Bandar Judi Online Terbesar di Asia.
    Dengan BONUS-BONUS Menarik yang sangat mudah untuk Anda dapatkan dan Hadiah Super Besar yang tersedia.
    Bonus New Member 10%
    Bonus Deposit Setiap Hari 5%
    Bonus Freebet 200rb !!
    Bonus CashBack 10%
    Bonus 7x Kemenangan Beruntun (Sabung Ayam Online)

    Untuk pendaftaran UserID tidak terkena biaya dan pelayanan Customer Service disini siap melayani Anda 24 Jam 7 Hari !!
    Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Segera Daftar S128 Anda bersama kami
    Hubungi kami :
    - S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  4. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    ReplyDelete
  5. Pokerayam yang sekarang menyediakan deposit pulsa dengan minimal deposit Rp 25.000 untuk para pemain baru serta pemain lama di Pokerayam.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Pokerayam Menerima Deposit Pulsa Minimal 25 Ribu
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  6. Pokervita.co Situs Judi QQ Deposit Pulsa Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia, Minimal Deposit 15rb Dengan Potongan 15% Telkomsel dan 10% Axis/XL. Server PKV Games Terbaik Untuk Permainan Judi QQ.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Domino99 Pulsa Tanpa Potongan
    Domino99 Pulsa Online
    Agen Pkv Games Online Terpercaya

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  7. Bingung Cari Agen Poker Terpercaya??
    Percayakan Kepada DonacoPoker...
    Agen Profesional Yang Sudah Lama Berkembang...
    Proses Transaksi Yang Cepat dan Aman Dengan Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan..

    Ayo!! Jangan Ngaku Ahlinya Poker Jika Belum Bermain di Donaco Poker.!!

    Segera Bergabung dan Dapatkan Tips-Tips Menang Dari Kami..

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  8. Situs Agen Togel Terpercaya Bisa Deposit Pulsa Di MUSEUMTOTO – Di era baru, Situs Agen Togel terpercaya sudah bisa memberikan layanan permainan menggunakan deposit pusa. MUSEUMTOTO tak pernah lupa untuk memudahkan kalangan pemain demi menciptakan masa depan taruhan yang begitu menjanjikan.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : Jumat.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    AGEN TOGEL DEPOSIT PULSA BISA DIMANA SAJA

    BANDAR TOGEL DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  9. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Judi Poker Online Terbaru

    Freechip natal & tahun baru

    ReplyDelete
  10. BANDAR SLOT ONLINE PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DAPATKAN BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE !
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!
    AYO CLAIM SEBELUM KEHABISAN

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.2a5.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  11. BANDAR SLOT & CASINO ONLINE 2021 TERPERCAYA PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  12. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Poker Online Terpercaya Dengan Layanan Terbaik

    Poker Online Indonesia Deposit Pulsa Potongan Terbaik

    ReplyDelete
  13. Ingin bermain Slot secara gratis dan mendapatkan Review seputar Slot Game setiap harinya ?

    Yuk , bisa coba kunjungi Link kami dibawah ini

    Slot Chilli Heat Permainan Slotgames GACORR !!!

    Mainkan Slotgames kesayangan anda secara GRATISSS sekarang juga !!

    ReplyDelete
  14. Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    *Bonus Cashback 15%
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermain di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  15. Suka bermain Slot??
    Lagi mencari situs permainan Slot Gacor Terpecaya?
    Hanya Situs Winning303 yang memberikan bonus 100% PRAGMATIC TERBAIK, Ayo Bergabung bersama kami ^^

    Terima Deposit Pulsa TELKOMSEL & XL
    E-Wallet : DANA, GOPAY, OVO, LINK AJA, DAN SAKUKU

    Bonus Mingguan Rolingan 1% dan Bonus cash back sampai 10%
    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    ReplyDelete