Search This Blog

Tips dan Cara-cara Menyampaikan Kritik dan Saran dengan Benar dan Sopan

Kritik dan saran sangat diperlukan setiap orang untuk kemajuan dan perbaikan diri kearah yang lebih baik. Namun terkadang kita sulit menerima kritik dan saran orang lain, dan terkadang ada sebagian orang yang marah dan tidak terima saat di beri kritik dan saran. Apalagi orang yang mempunyai ego tinggi, akan sering terjadi benturan antara pemberi kritik dan saran dengan si penerima.

Berikut beberapa tips dalam menyampaikan kritik dan saran dengan benar:

1.   Perhatikan kondisi emosi orang dengan baik.
Setiap insan manusia mempunyai karakter emosional yang berbeda. Ada yang mempunyai emosi tinggi ada juga yang rendah. Untuk itu perlu memahami karakter emosi orang yang akan kita kritik dan kita beri saran agar tidak terjadi kesalah pahaman.

2.   Pilih waktu dan situasi yang tepat.
Carilah waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik dan saran. Janganlah di waktu emosi dia naik kita memberikan kritik dan saran, yang ada dia makin emosi. Lihat lah situasi dan kondisi yang tepat, jangan juga misalnya pas di tempat banyak orang kita langsung memberikan kritikan dan saran, bisa-bisa  dia merasa malu karna kita kritik di depan banyak orang.


3.   Jangan ada kesan menggurui.
Bila menyampaikan kritik dan saran, jangan ada kesan kita sok tau sok pintar, seolah-olah kita menggurui dia. Tapi obrolkanlah kritik dan saran kita layaknya kita berdialog seperti biasanya, sehingga kesan yang dihadirkan santai tapi serius.

4.   Sampaikan dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung.
Jadi dalam menyampaikan kritik dan saran kita wajib bertutur bahasa yang baik dan tidak menyinggung. Orang yang kita beri kritik dan saran sangat sensitif. Karna jika dia merasa tersinggung bukannya menerima saran kita, tetapi malah marah-marah dan salah paham terhadap kita. Mungkin jika kita bicara baik-baik bisa meluluhkan hati dia, dan dia akan menerima kritik dan saran dari kita.

5.   Berikan alasan yang logis dari setiap kritikan dan saran yang kita sampaikan.
Banyak orang yang di beri kritik dan saran bertanya salah dia dimana, apa salah dia sehingga kita memberikan kritik dan saran. Naah, untuk itu perlu juga kita berikan alasan yang logis tentang kesalahan dia, agar dia bisa mengerti dan menerima kritik dan saran kita.

Sekian tips dari saya semoga berguna bagi sahabat sekalian.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips dan Cara-cara Menyampaikan Kritik dan Saran dengan Benar dan Sopan"

  1. Klik ====>Judi Bola

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar bola

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete