Search This Blog

Ternyata Ini Penyebab Bau Kaki

Bau kaki merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kendati sudah umum, bau kaki bisa jadi hal yang memalukan. Penyebab utamanya adalah keringat. Manusia memiliki sekitar 250000 kelenjar keringat yang bisa menghasilkan 236 ml keringat perhari.

Berikut 3 penyebab bau kaki:

1.   Bakteri.
Terdapat 3 bakteri penyebab bau kaki yaitu brevibacterium, propionibacterium, dan staphylococcus. Ketiga bakteri ini memakan kulit mati dan memproduksi methanethiol yang beraroma tajam seperti sulfur. Bahkan pada propionibacterium terdapat kemampuan unik memetabolisme asam amino menjadi asam propionat. Alhasil bau yang dikeluarkan oleh keringat pun sangat tajam.

2.   Infeksi kulit.
Keratolysis adalah infeksi kulit yang terjadi jika anda terlalu lama mengenakan sepatu. Infeksi ini biasanya muncul di telapak atau jari kaki. Imbasnya memunculkan bau tak sedap.

3.   Makanan.
Makanan yang salah tidak hanya menyebabkan bau badan atau bau mulut, tetapi juga bisa menyebabkan bau kaki. Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam makanan sangat penting, karena akan di serap tubuh dan di keluarkan melalui keringat.


Naaahhh sekarang anda telah mengetahui penyebab bau kaki anda. Semoga referensi ini bisa memberi sedikit informasi kepada sahabat Elang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata Ini Penyebab Bau Kaki"

Post a Comment