Sebelum memutuskan untuk memanfaatkan media
dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, hendaknya guru melakukan seleksi
terhadap media pembelajaran mana yang akan digunakan untuk mendampingi dirinya
dalam membelajarkan peserta didiknya.
Berikut ini beberapa tips atau pertimbangan-pertimbangan yang dapat digunakan guru dalam melakukan seleksi terhadap media pembelajaran yang akan digunakan:
Berikut ini beberapa tips atau pertimbangan-pertimbangan yang dapat digunakan guru dalam melakukan seleksi terhadap media pembelajaran yang akan digunakan:
1. Menyesuaikan Jenis Media dengan Materi
Kurikulum
Sewaktu akan memilih jenis media yang akan
dikembangkan atau diadakan maka perlu yang diperhatikan adalah jenis materi
pelajaran yang mana yang terdapat di dalam kurikulum yang dinilai perlu
ditunjang oleh media pembelajaran. Kemudian, dilakukan telaah tentang jenis
media apa yang dinilai tepat untuk menyajikan materi pelajaran yang dikehendaki
tersebut.
Sebagai contoh misalnya, pelajaran Bahasa
Arab, untuk kemampuan berbahasa mendengarkan atau menyimak (maharah istima’),
media yang lebih tepat digunakan adalah media kaset audio. Sedangkan untuk
kemampuan menulis atau tata bahasa, maka media yang lebih tepat digunakan
adalah media cetak. Sedangkan untuk mengajarkan kepada peserta didik tentang
cara-cara menggunakan organs of spech untuk menuturkan kata atau kalimat (pronounciation), maka media video akan lebih tepat digunakan.
2. Keterjangkauan dalam Pembiayaan
Dalam pengembangan atau pengadaan media
pembelajaran hendaknya juga mempertimbangkan ketersediaan anggaran yang ada.
Kalau seandainya guru harus membuat sendiri media pembelajaran, maka hendaknya
dipikirkan apakah ada diantara sesama guru yang mempunyai pengetahuan dan
keterampilan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dibutuhkan. Kalau
tidak ada, maka perlu dijajaki berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk
pembuatan medianya.
3. Ketersediaan Perangkat Keras untuk Pemanfaatan
Media Pembelajaran
Tidak ada gunanya merancang dan
mengembangkan media secanggih apapun kalau tidak didukung oleh ketersediaan
peralatan pemanfaatannya di kelas. Apa artinya tersedia media pembelajaran
online apabila, disekolah tidak tersedia perangkat komputer dan fasilitas
koneksi ke internet yang juga di dukung oleh Lokal Area Network (LAN).
Sebaliknya, pemilihan media pembelajaran
sederhana (seperti misalnya media kaset audio) untuk dirancang dan dikembangkan
akan sangat bermanfaat karena peralatan / fasilitas pemanfaatannya tersedia di
sekolah atau mudah diperoleh di masyarakat, selain itu sumber energi yang
diperlukan untuk mengoperasikan peralatan pemanfaatan media sederhana juga
cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan baterai kering.
Dari segi ekspertis atau keahlian dan
keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan media sederhana seperti media
kaset audio atau transparasi misalnya tidaklah terlalu sulit untuk
mendapatkannya. Tidaklah juga terlalu sulit untuk mempelajari cara-cara perancangan
dan pengembangan media sederhana.
4. Ketersediaan Media Pembelajaran di Pasaran
Karena promosi dan peragaan yang sangat
mengagumkan/ mempesona atau menjanjikan misalnya, sekolah langsung tertarik
untuk membeli media pembelajaran yang ditawarkan. Namun sebelum membeli media
pembelajarannya (program), sekolah harus terlebih dahulu membeli perangkat keras untuk pemanfaatannya.
Setelah peralatan pemanfaatan media
pembelajarannya dibeli ternyata di antara guru ada atau belum tantu bagaimana
cara-cara mengoperasikan peralatan, pemanfaatan media pembelajaran media
pembelajaran yang akan diadakan tersebut. Di samping itu media pembelajarannya
(program) sendiri ternyata sulit didapatkan di pasaran sebab harus dipesan
terlebih dahulu untuk jangka waktu tertentu.
Kemudian, dapat saja terjadi bahwa media
pembelajaran yang telah dipesan dan dipelajari, kandungan materi pelajarannya
sedikit sekali relevan dengan kebutuhan peserta didik (sangat dangkal).
Sebaliknya, dapat juga terjadi bahwa materi yang dikemas di dalam media
pembelajaran sangat cocok dari membantu mempermudah siswa memahami materi
pelajaran. Namun, yang menjadi masalah adalah bahwa media pembelajaran tersebut
sulit didapatkan di pasaran.
5. Kemudahan Memanfaatkan Media Pembelajaran
Aspek lain yang juga tidak kalah pentingnya
untuk dipertimbangkan dalam pengembangan atau pengadaan media pembelajaran
adalah kemudahan guru atau peserta didik memanfaatkannya. Tidak akan terlalu
bermanfaat apabila media pembelajaran dikembangkan sendiri atau yang dikontrakkan
pembuatannya ternyata tidak mudah dimanfaatkan, baik oleh guru maupun oleh
peserta didik. Media yang dikembangkan atau dibeli tersebut hanya akan
berfungsi sebagai pajangan di sekolah.
Belum ada tanggapan untuk "Tips / Cara dalam Memilih Media Pembelajaran"
Post a Comment